PERANGI NARKOBA

20 Mei 2016, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Banten


     Salah satu rangkaian acara Hari Buku Nasional yang diselenggarakan BPAD Banten adalah "Bedah Buku WAR OF DRUGS" yang dihadiri penulis sendiri yakni Patri Handoyo dan Kepala BNN Provinsi Banten bapak Heru Febrianto.
       Tertarik dengan apa yang disampaikan bapak Heru Febrianto saat menanyakan "Berapa jumlah pengguna narkoba saat ini? Berapa jumlah korban Sarinah Tamrin?"
Dari pertanyaan di atas terlihat bahwa akar dari permasalahan semakin maraknya penggunaan Narkoba ialah kurangnya rasa kepedulian kita terhadap sekitar. Kita terlalu acuh, hanya mengandalkan jabatan profesional yang mengemban tugas dan wewenang terkait saja, padahal permasalahan ini adalah tanggung jawab bersama, yang seharusnya semua elemen masyarakat berbondong-bondong bahu membahu memberantas pengedaran narkoba.
      Beliau juga mengungkapkan bahwa kunci dari peningkatan penggunaan narkoba ialah berasal dari kebudayaan. Seperti budaya dunia malam, ngehedon, film, Tv, dsb. 
Solusi khas Indonesia yakni penanaman bekal agama dan rehabilitasi di pesantren-pesantren diharapkan dapat memulihkan kondisi pecandu menjadi seorang yang "bukan pemakai" lagi.
     Selanjutnya diharapkan pula bagi para pemilik "kostan" untuk ikut serta dalam mengawasi para penghuni kostannya, Karena tahun 2015 diperoleh data bahwa penggunaan narkoba sebesar 20% di dunia malam dan 80% di kost-kostan,


For shared : bkkbn.go.id/kependudukan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahu dan Ketidaktahuan

Pentingnya Filsafat Pendidikan

Filosofi Debu